Nurainiajeeng's Blog

KOMUNIKASI DI INTERNET

Posted on: November 24, 2011

Internet pada dasarnya merupakan sebuah jaringan antar-komputer yang saling berkaitan. Internet dengan berbagai aplikasinya, seperti Web, VoIP, e-mail pada dasarnya merupakan media yang digunakan untuk mengeffisienkan proses komunikasi. Levy menggambarkan Internet sebagai “saluran komunikasi yang tidak terbatas, pembangunan komunikasi, iklan elektronik dan interaksi yang sangat kompleks yang mengaburkan batas antara penyedia dan konsumen” (Levy, 1995).
Menyesuaikan informasi dengan kebutuhan spesifik seseorang akan menjadi sulit apalagi dengan kebutuhan komunikasi interaktif dua arah. Hal ini akan menjadi mudah jika di lakukan dengan menggunakan e-mail dan komunikasi hanya dilakukan antar manusia saja. Contoh komunikasi di internet bisa melalui email dan chatting.

Email
Email adalah suatu surat dalam bentuk elektronik. E-mail singkatan dari Elektronik Mail yang berfungsi untuk mengirimkan pesan baik berupa teks maupun gabungan gambar yang dikirimkan dari satu alamat ke alamat lain yang melewati jaringan internet.

Chatting
Chating dalam Bahasa Indonesia berarti ngobrol/ bercakap-cakap, dan di internet dengan chating kita bisa mengobrol dengan teman, keluarga/saudara atau mungkin mencari teman baru yang berada di seluruh dunia. Chatting adalah suatu program untuk para pengguna internet dimana saja berada dan kapan saja agar bisa berkomunikasi dengan orang lain, mengenal satu sama lain walaupun dia berada jauh dari kita. Dengan chatting kita juga bisa melihat wajah orang yang baru kita kenal tersebut jika di komputer kita ada satu alat yang disebut webcam. Tentang aplikasi chatting:
• Real time
Aplikasi chatting dijelaskan sebagai suatu aplikasi yang memungkinkan pengguna berkomunikasi tekstual secara langsung (live/real time) dengan pengguna lain.
• Nickname
Pengguna harus memasukkan nickname (tanpa password) sebagai identifikasi unik dalam sistem. Nickname tersebut berlaku dan dikenali oleh sistem selama masa sesi pengaksesan berlangsung, hingga pengguna “keluar” dari ruang chatting atau browser ditutup.
• Public room
Komunikasi berlangsung dalam sebuah ruang chatting virtual (public room) yang berisi banyak orang. Ketika masuk, pengguna langsung tergabung ke dalam public room dimana di ruang tersebut pesan dari seorang pengguna dapat dibaca oleh semua pengguna yang lain.
• Send message
Pengguna dapat mengetikkan teks percakapan pada suatu area pengetikan pesan, dan menekan sebuah tombol (atau Enter) untuk mengirimkan teks tersebut. Teks pesan percakapan dari semua pengguna ditampilkan pada suatu area tampilan percakapan, terurut berdasarkan waktu diterimanya pesan tersebut oleh server. Pesan yang terakhir ditampilkan di bawah.
• Auto refresh
Area tampilan percakapan otomatis diupdate selama beberapa detik sekali (dan pada saat pengguna mengirimkan pesan baru) sehingga pengguna selalu mengetahui percakapan pengguna lain yang sedang berlangsung tanpa harus melakukan refresh halaman secara manual.

Beberapa fenomena dan kelebihan internet sebagai media informasi dan komunikasi dibandingkan dengan media lain :
• Mudah cepat dan murah dengan jangkauan global
• Informasi apapun bisa dicari di Web dengan mesin pencari : Yahoo, Google, Altavista, dll
• Bermunculan perusahaan sudah membangun situs Web. Situs komersial tumbuh paling cepat.
• Bermunculan situs media online ( berbaris media cetak maupun yang tidak : Kompas Cyber Media, Detik, Satunet, CNN, dll )
• Melalui e-mail, dengan biaya murah dan kini sudah menjadi identitas “wajib” bagi pelaku bisnis
• Sarana interaktif untuk mewujudkan bisnis melalui internet : sales inquiry, order, registrasi klien, dll
• Home goes to work, work goes home

Penulis esai Sven Birkets berpendapat bahwa adanya perubahan dari budaya cetak ke budaya elektronik akan menyebabkan pemiskinan bahasa. Dia menyatakan bahwa komunikasi elektronik mengarah kepada penggunaan “bahasa sederhana” seperti dalam telegram (Birkets, 1994). Dia meramalkan bahwa kita akan melihat sebuah penurunan penggunaan bentuk bahasa halus seperti ambiguitas, pertentangan, ironi, dan humor.

NUR AINI SEKAR PUTRI M
15510110
2PA01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: