Nurainiajeeng's Blog

Hari Pertama Belajar di Gunadarma

Posted on: October 4, 2010

Dulu saya tidak menginkan atau bahkan berharap akan masuk perguruan tinggi swasta. Makanya ketika saya mendapatkan beasiswa dari Gunadarma dengan peringkat satu untuk semua jurusan apapun yang saya mau. Saya dan orang tua saya memilih untuk tidak mengambil beasiswa tersebut. Karena pada saat itu saya masih berharap untuk dapat diterima di perguruan tinggi negeri (PTN). Namun apa daya, ternyata saya tidak dapat diterima di PTN yang saya inginkan. Dan orang tua pun tidak mengizinkan saya kuliah diluar kota. Jadilah orang tua saya memutuskan untuk mendaftarkan saya di Gunadarma.  Dan akhirnya saya bisa lolos tes dengan grade satu pada kedua jurusan yang saya pilih, yaitu manajemen dan psikologi. Namun saya lebih memilih untuk mengambil psikologi

Di hari senin tanggal 20 September 2010 hari pertama masuk kuliah, saya bingung luar biasa. Karena saya harus berangkat sendiri dan saya belum tahu letak kampus tempat saya akan belajar, dan ditambah saya belum mendapatkan teman sekelas pada saat PPSPT. Jadilah saya benar-benar sendirian, bingung dan tidak tahu apa-apa pada hari pertama saya berangkat kuliah. Untung saja ada kakak kelas saya waktu di SMA yang kebetulan berkulliah di Gunadarma juga, namanya Ayu. Setidaknya saya punya tempat untuk bertanya-tanya. Disepanjang jalan saya menuju kampus saya terus bertanya pada dia. Akhitnya dengan modal nekat dan bertanya dengan dia, saya bisa tiba di kampus G Gunadarma.

Namun, saya terlalu takut dan malu untuk bertanya pada satpam atau orang-orang yang ada disana dimana ruang G348 tempat saya akan belajar Ilmu Budaya Dasar (IBD) untuk pertama kalinya. Untungnya lagi-lagi dengan baik hati kakak kelas saya mengajukan dirinya untuk mengantarkan saya sampai ruangan karena kebetulan pada saat itu dia ada rapat juga di kampus G. Saya diminta senior saya untuk menunggunya di depan gedung 1. Tapi hingga pukul 08:00 dia tidak juga datang padahal mata kuliah saya mulai pukul 07:30. Karena takut kelas sudah dimulai, makanya dengan nekat saya memutuskan untuk mencari ruangan saya sendiri. Saya merasa tidak enak karena masa dihari pertama kuliah, hari pertama belajar mata kuliah pertama sudah telat. Akhirnya dengan bertanya pada satpam saya berhasil menemukan ruang G348.

Ketika saya tiba di depan pintu, saya melihat dari kaca untung saja belum ada dosen yang berdiri di depan kelas. Saya merasa lega, berarti saya tidak telat untuk belajar mata kulaih pertama. Namun pada saat itu kelas sudah ramai dengan mahasiswa-mahasiswa baru seperti saya. Ketika saya masuk rasanya semua orang langsung melihat kearah pintu, begitu juga setiap orang lain yang masuk. Mungkin karena mereka sudah menanti-nanti dosen yang akan masuk untuk pertama kalinya, begitu juga saya. Saat itu hampir seluruh bangku sudah terisi, tinggal beberapa bangku didepan dekat meja dosen dan beberapa bangku kosong di belakang. Sambil berjalan saya melihat lingkungan sekitar mencari bangku mana yang kira-kira saya nyaman untuk duduk disitu. Karena saya tidak terlalu suka duduk sangat depan atau terlalu dibelakang. Untung saja ada sisa satu bangku kosong di baris kedua dekat meja dosen. Langsung saja saya duduk disitu.

Begitu saya duduk orang sebelah saya langsung mengajak berkenalan, ternyata namanya Dini. Dialah orang pertama yang saya kenal dikelas itu. Sehabis kenalan kita langsung asik mengobrol. Setelah beberapa menit kemudian barulah saya berkenalan dengan teman-teman sebarisan saya dan yang ada di belakang saya (Evi, Putri, Lina, dan Mianda). Baru sekitar kam 08:30 dosen masuk ke kelas dan serentak semua terdiam dan duduk manis di bangkunya masing-masing. Pada saat itu karena baru hari pertama dan masih dalam proses perkenalan lingkungan juga, jadi dosen hanya memperkenalkan semuanya, mulai dari diri mereka, mata kuliah yang mereka ajarkan, bagaimana peraturan mereka, hingga bagaimana penilain mereka dalam memberi nilai. Hingga dijam terakhir semuanya berjalan lancar, santai, dan begitu menyenangkan. Karena baru minggu pertama jadi semuanya hanya sebatas perkenalan.

NUR AINI SEKAR PUTRI MENTARI

15510110

1PA04

Leave a Reply

