Nurainiajeeng's Blog

Besarnya Jasa Penari Jalanan Tradisional Indonesia

Posted on: October 4, 2010

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak kebudayaan. Dan kebudayaan itu sangatlah beragam, karena setiap daerah atau wilayah di Indonesia memiliki budaya masing-masing. Mulai dari keberagaman bahasa, pakain adat, lagu daerah, tarian daerah, hingga bentuk rumah yang beraneka ragam. Semua itu adalah warisan leluhur yang harus kita jaga bersama. Bukan saja hanya dipatenkan ke kancah internasional bahwa budaya tersebut kebudayaan kita, tapi kita sebagai warga negara harus juga bangga dan bisa melestarikannya.

Kepedulian kita terhadap budaya kita sendiri, tidaklah perlu ditunjukan melalui sesuatu yang besar. Dari hal kecil saja kita juga bisa turut melestarikan budaya kita, contohnya bangga memakai batik dalam kesempatan acara apapun, membanggakan kebudayaan kita kepada orang lain itupun sudah cukup berpartisipasi dalam melestarikan budaya kita. Kita bisa mencontoh penari jalanan yang sering kita temui di lampu-lampu merah jalanan, terminal, atau tempat lainnya. Tanpa disadari oleh banyak orang mereka telah ikut membantu memperkenalkan tari tradisional serta melestarikannya. Seharusnya kita bangga masih mempunyai mereka-mereka para penari jalanan yang dapat melestarikan budaya Indonesia.

Biasanya mereka membawakan tari Jaipong, kuda lumping, reog ponorogo dan lain-lain. Mereka menjadikan profesi ini sebagai gantungan hidup mereka. Tidak banyak rupiah yang bisa mereka hasilkan dari pekerjaan ini, tapi jasa mereka sangatlah besar bagi Indonesia. Bayangkan saja jika ada wisatawan asing yang melihat mereka, wisatawan itupasti tertarik dan akan bertanya pada orang sektar tentang tarian tersebut. Hal ini juga bisa memperkenalkan bahkan mengangkat tarian tersebut ke kancah internasional. Diluar negeri, seperti Amerika atau negara yang lain mereka hanya mengenal “street dance”. Para street dance ini juga menari hip-hop, breakdance, atau semacamnya yang bukan ciri khas mereka. Karena semua dengan gampang bisa mengikuti gaya mereka dan menjadi budaya umum. Sedangkan, penari jalanan Indonesia sangatlah berbeda. Mereka memperlihatkan ciri khas mereka pada tarian jalanan mereka.

Sebenarnya miris sekali melihat kebudayaan yang begitu indah dan satu-satunya warisan budaya leluhur kita, dipentaskan di jalanan, ditempat-tempat umum seperti terminal dan lain-lain. Sedangkan budaya orang lain, seperti pargelaran musik jazz, pop, dan lain-lain dipentaskan di mall atau gedung-gedung yang bagus. Sebenarnya penari-penari jalan seperti mereka juga layak dipertontonkan ditempat yang bagus, di gedung-gedung yang megah. Mereka mempunyai kelincahan yang sama dengan penari-penari lain yang pentas digedung-gedung megah. Mereka juga sosok yang patut kita banggakan karena telah melestarikan budaya Indonesia di kalangan masyarakat umum, mulai dari kalangan menengah kebawah hingga kalangan menengah keatas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: